International Dance Performance & Seminar

Homage to Sri Sultan Hamengkubowono X and Yogyakarta by Didik Nini Thowok

setelah 40 tahun berkarya dengan memilih Yogyakarta sebagai tempat ekplorasi dan penciptaan karya, maka di ulang tahunnya yang ke 60, Didik Nini Thowok (DNT) memutuskan untuk membuat festival yang bertujuan untuk mengenalkan berbagai tari pertunjukan Cross Gender dari berbagai wilayah baik dalam negeri dan luar negeri. Selain itu, DNT juga mempersembakan satu tarian yang merupakan karyanya di tahun 2001 “Bedhaya Hagoromo” kepada Sri Sultan Hamengkubowono X dan kota Yogyakarta.  Tarian ini merupakan tarian yang mengombinasikan tarian Hagoromo; merupakan salah satu tari NOH dari Jepang dengan tari “Bedhaya” yang merupakan tari meditasi dari kraton. Dan ciri khas tarian ini adalah seluruh penarinya adalah laki-laki yang menarikan tari perempuan.

Acara ini digelar pada 4 – 7 Desember 2014 dengan agenda:

  • 4 Desember 2014 – pembukaan acara oleh Gusti Pembayun di Pendapa SMKI Yogyakarta.
  • 5 Desember 2014 – seminar Internasional dengan pembicara dari India, Singapura, Jepang, dan Indonesia dan pagelaran tari Cross Gender dengan penampil dari Korea, Kanada, Jepang, India, dan Indonesia.
  • 6 Desember 2014 – persembahan tari Bedhaya Hagoromo oleh Didik Nini Thowok dengan tari pembuka oleh beberapa penampil dari Jepang dan Hawai.

Photo pertunjukan oleh : Yose Riandi