Pertunjukan “Kera Sakti” oleh Ryuzanji Company

Sukses dipentaskan di 4 kota di Indonesia – Pentas Keliling Indonesia – Asia

Jakarta – Yogyakarta – Magelang – Bali

Hampir satu bulan, kelompok teater dari Jepang, Ryuzanji Company singgah di Indonesia. Pada bulan Maret lalu, Ryuzanji Company hadir dan melakukan pementasan di empat kota sekaligus dalam rangka Asian Tour 2016. Tema yang dibawakan ialah cerita adaptasi dari China berjudul Kera Sakti. Bagi banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia, cerita Kera Sakti tidaklah asing. Namun, pada kesempatan ini, cerita Kera Sakti dikemas dengan gaya berbeda dan khas Ryuzanji Company. Pertunjukan Kera Sakti yang disutradarai oleh Tenggai Amano. Pertunjukan ini telah ditampilkan di Tokyo Jepang, dan dibawa khusus untuk ditampilkan di Indonesia serta Thailand.

Di Indonesia, kota pertama yang menjadi lokasi pementasan ialah Jakarta. Pementasan di Jakarta berlangsung dua kali di Teater Salihara, Jakarta Selatan. Pada pementasan hari pertama penonton memadati kursi penonton dan pada hari pertunjukan kedua tiket terjual habis (sold out). Pementasan di Jakarta sukses mengibur dan mengenalkan pada publik Jakarta akan kehadiran Ryuzanji Company. Antusiasme penonton Jakarta cukup positif. Hal ini terlihat dari banyaknya penonton yang ingin berfoto dengan para pemain usai pentas. Saat pementasan di Jakarta, Ryuzanji Company menggandeng kelompok band aliran punk yakni, Marjinal sebagai bintang tamu dalam kolaborasi pertunjukkannya. Kehadiran Marjinal dalam pementasan teater membuat banyak penonton tidak menyangka dan mengaku terkejut.

Kota kedua setelah Jakarta ialah Yogyakarta. Pementasan di Yogyakarta berlangsung di Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta. Pementasan hanya berlangsung sekali dan tergolong cukup sukses. Pada pementasan ini, Ryuzanji Company berkolaborasi dengan seniman lokal Yogyakarta yang cukup terkenal yaitu Gunawan Maryanto dan Theresia Wulandari. Tidak kurang dari 500 penonton memenuhi bangku pertunjukan dan para penonton mengaku puas dengan pertunjukan yang disajikan oleh Ryuzanji Company. Pentas selanjutnya di Plataran Candi Borobudur, Magelang. Pementasan di Borobudur cukup memberikan kesan pada semua tim karena di Borobudur pementasan dilakukan di tempat terbuka. Meskipun sempat diguyur oleh hujan, akan tetapi antusias penonton yang penasaran terobati dengan pementasan yang memukau. Pementasan di Borobudur, Ryuzanji Company berkolaborasi dengan seniman asal Magelang yaitu Komunitas Seniman Borobudur yang menghadirkan tari-tarian lokal.

Pentas terakhir dari rangkaian tour di Indonesia yakni di Pulau Bali. Pementasan di Bali tergolong pementasan dengan jumlah penonton yang tidak terduga. Antusias penonton di Bali tidak kalah dengan kota-kota sebelumnya. Banyak yang penasaran dengan pertunjukannya, hingga hampir memenuhi seluruh ruangan dan sebagian penonton berada di luar panggung.

Kera Sakti versi Jepang telah menghibur penonton Indonesia di empat kota. Terimakasih kepada Ryuzanji Company yang telah memilih ARS Management sebagai partner lokal di Indonesia dan juga terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat serta juga para penonton yang ikut menyaksikan pertunjukan Kera Sakti

Sukses untuk Ryuzanji Company, sukses untuk pementasan “Kera Sakti” berikutnya di negara Thailand!

Foto oleh Andy Seno Aji – Pertunjukan Kera Sakti di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*